Rabu, 10 Oktober 2018

Pengertian desain interior

   Desain interior adalah Ilmu yang mempelajari perancangan suatu karya seni yang ada di dalam suatu bangunan dan digunakan untuk memecahkan masalah manusia. Salah satu bidang study keilmuan yang didaarkan pada ilmu desain, bidang keilmuan ini bertujuan untuk dapat menciptakan suatu lingkungan binaan (ruang dalam) beserta elemen-elemen pendukungnya, baik fisik maupun nonfisik. Sehingga kualitas kehidupan manusia yang berada didalamnya menjadi lebih baik. Perancangan interior meliputi bidang arsitektur yang melingkupi bagian dalam suatu bangunan. Contoh : Perancangan interior tetap, bergerak, maupun decoratif yang bersifat sementara
Misalkan pada pekerjaan desain dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu:
   Pertama, perancangan interior tetap, perancangan desain inerior mulai dari merencana denah existing bangunan, lay-out, floor plan, ceiling plan, potongan, aksonometri, detail, perspektif, maket, animasi, dan teknis presentasi lainnya.
   Kedua, perancangan interior bergerak (moveable), perancangan desain interior yang bersifat mikro, misalkan pembuatan desain furniture, desain produk, desain landscape interior, handycraft, dll.
   Ketiga, perancangan decoratif, perancangan yang bersifat menghias, misalkan mendesain hiasan pesta pernikahan, mendesain pesta ulang tahun, dll.
Dalam penataan ruang interior hal-hal yang terkait seperti :
1. Furniture
2. Cermin
3. Lukisan
4. Armatur Lampu
5. Tanaman Indoor
6. Partisi 
7. Cat Dekoratif
8. Wallpaper, dll
   Dan didalam bidang desain interior, hal ini pun memiliki prinsip, yaitu ;
1. Proporsi serta skala, prinsip ini selalu berhubungan dengan bentuk dan ukuran agar terlihat lebih seimbang
2. Warna, dengan warna akan mempengaruhi psikologis anda yang berada pada ruangan tersebut.
3. Focal point atau bisa juga disebut dengan daya tarik ruangan misalkan posisi pintu atau jendela.
4. Ritme, merupakan pengulangan semua pola tentang visual, bisa juga didefenisikan sebagai pergerakan 
    terorganisir.
5. Detail, yakni pemilihan sakelar, letak pot bunga, tata cahaya pada suatu ruangan.
6. Keseimbangan
CONTOH PERABOT DAN PEKERJAAN INTERIOR DIDALAM RUANGAN KAPAL
1.Ruang kemudi kapal (whell house)


Pada ruang kemudi kapal terdapat beberpa perabot seperti 
kursi kemudi : biasanya bisa diatur tinggi rendahnya kursi,kemiringan sandaran dan menaik turunkan sandaran tangan .Meja kemudi : untuk menempatkan sistem-sistem pada kapal kemudi kapal .Rak-rak kecil : untuk menempatkan ht,hand phone,remote control,dan lain sebagainya. Dibelakang jendela terdapat Sun screen gunanya agar pada saat kapal tersebut berjalan menghadap ke matahari nahkoda tidak silau atau terkena sinar matahari secara langsung. Di whell house juga terdapat pigora,biasanya bergambar denah kapal

2.Ruang makan


 Pada ruang makan terdapat meja makan yang panjang dan banyak sesuai ukuran ruangan. Meja tersebut dipasang tetap/dipaten,agar pada saat makan tidak goyang dan berpindah pindah tempat,kursinya juga begitu 



3.Ruang tidur



PERABOT DALAM RUANG TIDUR:
• Ruang tidur kapten: Tempat tidur single bad, lemari pakaian, sofa, meja tulis dengan kursi putar, TV, kamar mandi, bathtub, shower, wash basin dan WC.
• Ruang tidur perwira: Tempat tidur single bad, lemari pakaian, sofa, meja tulis dengan kursi putar, kamar mandi, shower, wash basin dan WC.
• Ruang tidur Bintara: Tempat tidur minimal single bad untuk satu orang, maksimal tempat tidur susun untuk dua orang, lemari pakaian, meja tulis dengan kursi putar. UKURAN PERABOT 
• Tempat tidur Ukuran tempat tidur minimal 190 x 68 cm. Syarat untuk tempat tidur bersusun: Tempat tidur yang bawah berjarak 40 cm dari lantai. Jarak antara tempat tidur bawah dan atas 60 cm. Jarak antara tempat tidur dan langi-langit 60 cm. Jarak antar deck diambil 240 cm. 
• Lemari pakaian, ukuran lemari pakaian bervariasi misalnya, 60 x 60 x 60 cm 
• Meja tulis, ukuran meja tulis 80 x 50 x 80 cm 
4.Ruang dapur
pada dapur menggunakan perabot/alat masak full stainless,pada dapur ini alat masak yang digunakan khusus, karena berukuran besar dibandingkan perabot lainnya.tujuannya ialah untuk memasak lebih banyak karena memuat penumpang.
5.Kamar mandi
Pada kamar mandi terdapat wastafel,closed,shower ,kaca,tempat tisu.Dindingnya menggunakan full keramik,namun rata-rata kamar mandi pada kapal berukuran kecil untuk menyesuaikan ukuran ruangan pada kapal.
6.Ruang meeting
Pada ruangan ini interiornya dibuat lebih nyaman agar pada saat meeting terasa tenang dan nyaman.diruangan ini terdapat meja besar dan kursi-kursi meeting ,dan terdapat papan tulis untuk menerangkan/mempresentasikan laporan pekerjaan ,atau juga untuk membangun strategi penyerangan .
 
 
 
http://hasbiinteriorkapal26.blogspot.com/2017/10/pengertian-desain-interior-interior.html

4 komentar:

  1. sangat bermanfaat
    jangan lupa kunjungi juga http://akhmadjurdanik27.blogspot.com/ agar wawasan tambah luas

    BalasHapus
  2. kayaknya aku pernah liat postingan ini

    BalasHapus
  3. bagus,semoga dapat memposting yg lebih menarik lagi

    BalasHapus